INTER TECH https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech <p><strong>INTER TECH</strong> adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Bhayangkara Surabaya. Jurnal INTER TECH memuat artikel ilmiah dan hasil penelitian di bidang Teknik Sipil, Teknik Elektro, dan Teknik Informatika. Terbit berkala dua kali dalam setahun, yakni di Bulan Mei dan November.</p> id-ID intertech@ubhara.ac.id (Fardanto Setyatama, S.T., M.MT.) rangsang.purnama@ubhara.ac.id (Rangsang Purnama, S.Kom., M.Kom) Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.9 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Rancang Bangun Sistem Kontrol ON-OFF Pada Lampu Berbasis TELEGRAM https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1074 <p><em>Dengan adanya I</em><em>o</em><em>T kita dapat mengontrol alat yang diinginkan dimana pun dan kapan pun hanya dengan melalui jaringan internet / W</em><em>i</em><em>F</em><em>i</em><em>. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat kontrol on - off pada lampu tanpa berkontak secara langsung menggunakan teknologi I</em><em>o</em><em>T. Pada jurnal ini </em><em>di</em><em>bahas proses dari awal sampai akhir pengaplikasian alat berbasis I</em><em>o</em><em>T. Pertama Node MCU ESP32 sebagai mikrokontroler yang telah terintegrasi dengan WiFi mode yang nantinya akan terkoneksi dengan Smartphone dan diteruskan pada Relay Module yang bertugas untuk memutus dan menghubungkan input tegangan pada Lampu. Modul ini harus diprogram dahulu menggunakan software Arduino untuk menghubungkan antara perangkat Smartphone dan Node MCU ESP32. Jika sudah selesai, kita koneksikan Node MCU ESP32 dengan WiFi, maka dengan mudah kita dapat mematikan dan menyalakan lampu rumah dimana pun melalui aplikasi Telegram.</em></p> Fahmi Fuadi Maulana, Muhammad Iqbal Muzaki, Dewi Cahya Febrina, Bambang Purwahyudi Hak Cipta (c) 2024 INTER TECH https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1074 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0700 Kendali Beban Pintar: Mengoptimalkan Efisiensi Energi Dengan IoT https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1057 <p><em>Dalam menghadapi meningkatnya kebutuhan energi dan keprihatinan terhadap lingkungan, pengembangan solusi cerdas untuk mengoptimalkan penggunaan energi menjadi suatu keharusan. Penerapan teknologi Internet of Things (IoT) memberikan peluang baru dalam mengembangkan sistem kendali energi yang lebih efisien dan pintar. Penelitian ini difokuskan pada implementasi sistem kendali beban pintar menggunakan modul ESP32, memungkinkan kontrol yang efektif dalam berbagai jarak. Penelitian ini meletakkan dasar bagi penelitian ini dengan tujuan memanfaatkan kecerdasan buatan dalam mengelola konsumsi energi melalui kendali beban yang responsif dan adaptif. Dengan menerapkan teknologi IoT, bertujuan memberikan kontribusi positif terhadap efisiensi penggunaan energi, mengurangi pemborosan, dan meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan. Tujuan utama penelitian ini adalah merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi efektivitas sistem kendali beban pintar berbasis ESP32 dalam mengoptimalkan penggunaan energi., Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem kendali beban pintar dapat meningkatkan efisiensi energi sebesar 15% dan tingkat kehilangan paket data yang rendah (2%) menunjukkan koneksi yang cukup andal dalam kondisi sebagian besar.</em></p> Agus Kiswantono, Muhammad Iqbal Saifullah Hak Cipta (c) 2024 INTER TECH https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1057 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0700 Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Menggunakan Metode ‎Fault Tree Analysis (Studi Kasus Pembangunan Office Headquarter Surabaya)‎ https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1104 <p><em>Proyek konstruksi pada umumnya mempunyai rencana pelaksanaan dan jadwal pelaksanaan tertentu. Faktor keterlambatan menjadi hal yang sering terjadi dalam penyelesaian suatu proyek konstruksi Dalam proyek pembangunan Office Headquarter Surabaya milik PT. Dermaga yang berletak dijalan Rajawali no.42 Surabaya, mengalami keterlambatan dalam pengerjaanya. Metode analisa yang digunakan untuk mengetahui mekanisme faktor-faktor penyebab keterlambatan adalah metode Fault Tree Analysis, sedangkan metode yang digunakan untuk menentukan percepatan penyelesaian proyek adalah metode Critical Path Method (CPM) dengan bantuan Microsoft Project sebagai analisa datanya. Hasil analisa dari Fault Tree Analysis pada 3 Top event didapatkan bahwa keterlambatan terjadi yaitu, adanya perubahan gambar, material yang terlambat, tenaga yang kurang kompeten, kurangnya koordinasi dengan pihak kontraktor dan pihak konsultan, sedangkan untuk hasil percepatan penyelesaian proyek dengan menggunakan metode Critical Path Method (CPM) dengan bantuan Microsoft Project adalah adanya penambahan waktu selama 74 hari dan pemberlakuan jam kerja lembur 4 jam pada pekerjaan yang berada pada jalur kritis.</em></p> Anis Suryaningrum, Heru Rudianto, Agus Mahmudi, Eko Prasetyo Hak Cipta (c) 2024 INTER TECH https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1104 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Perubahan Dimensi Kolom Pada Kapasitas Struktur Tahan Gempa Gedung Beton Bertulang https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1138 <p><em>Pada perencanaan struktur Gedung Puskesmas Cisaga Ciamis terdapat beberapa kali perubahan dimensi kolom. Sejauh mana perubahan dimensi kolom berpengaruh terhadap kinerja bangunan Gedung terkait bangunan Gedung tahan gempa. Metode penelitian kuantitatif digunakan karena angka angka yang dihasilkan bisa memberi informasi sejauhmana pengaruhnya terhadap permasalahan yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memahami bagaimana pengaruh perubahan dimensi kolom pada perencanaan Gedung Puskesmas Cisaga terhadap perhitungan gaya gempa serta penulangan elemen struktur kolom dan balok. Pemodelan struktur dilakukan dengan metode simulasi secara tiga dimensi menggunakan program analisis struktur. Perhitungan mengacu pada SNI 1726-2019 dan SNI 2847-2019. Hasil dari perhitungan, gaya gempa maksimum bangunan dengan kolom 450 x 450 memiliki selisih 27% terhadap bangunan dengan kolom 300 x 300. Simpangan maksimum terjadi pada lantai dua, bangunan dengan kolom 300 x 300 menghasilkan simpangan lebih besar 69 % pada arah-x dan 71 % pada arah-y. Perhitungan penulangan balok menghasilkan perbedaan pada tulangan utama balok 250 x 400 dan 300 x 200 yang mempunyai selisih satu buah tulangan. Perhitungan penulangan kolom 450 x 450 menghasilkan tulangan utama dengan persentase 1,68 %, sedangkan untuk kolom 300 x 300 menghasilkan persentase tulangan sebesar 5,04 %. Kolom 450 x 450 menghasilkan jarak sengkang yang lebih besar pada daerah sendi plastis dibandingkan dengan kolom 300 x 300. Dimensi kolom yang besar menghasilkan gaya geser dan gaya gempa yang lebih besar terhadap bangunan, semakin besar kolom yang digunakan akan memberikan kekakuan yang lebih besar terhadap bangunan.</em></p> Eko Walujodjati, Ripan Maulidan, Risa Kristalia Hak Cipta (c) 2024 INTER TECH https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1138 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0700 Studi Kinerja Angkutan Umum Menggunakan Metode Quality Fuction Deployment (QFD) Studi Kasus: PO. Bus Trayek Surabaya-Tulungagung https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1139 <p>Undang-Undang nomor 37 Tahun 2017 pasal 10 bahwa untuk angkutan umum dilakukan evaluasi dalam setiap 5 tahun sekali (Pemerintah Indosesia, 2017) dan peraturan Undang-Undang Nomor 46 Tahun 2019 tentang standart pelayanan angkutan umum meleiputi keamanan, keselamatan, keterjangkuan, dan kesetaraan(President of the Republic of Indonesia, 2019). Dalam penelitian ini dilakukan studi evaluasi terhadap bus dengan trayek Surabaya-Tuluangung bertujuan untuk mendapatkan standart pelayanan umum yang diinginkan oleh konsumen atau pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode <em>Quality Function Deployment (QFD)</em> yaitu merupakan metode untuk membantu perusahan dalam prosen pelayanan dengan menerjemahkan keinginan konsumen. Data didapatkan dengan wawancara kepada responden di dalam bus dengan jumlah responden 70 penumpang.. Uji validitas dan reliabilitas data menggunakan bantuan <em>Sofwer SPSS 24 </em>dan didapatkan nilai singnifikasi yaitu 0,05 dengan nilai n=70 dan r tabelnya adalah 0,235. Berdasarkan metode <em>Quality Function Deployment (QFD)</em> didapatkan hasil nilai rata-rata untuk <em>Overall Importance</em> adalah 0,94 untuk kepentingan <em>Absolut</em> didapat hasil anilai rata-rata 12,85 dan untuk hasil rata-rata <em>Servqual Score</em> adalah -0,2. Kesimpulan yang didapat adalah bahwa atribut kualitas pelayanan bus belum terpenuhi oleh harapan masyarakat yaitu pada atribut pelayanan adanya rak bagasi didalam bus, atribut tersedianya peralatan hiburan seperti televisi dan (<em>sound system</em>) dan atribut pemberian penangan dan keluhan yang diberikan oleh perusahan terhadap konsumen.</p> Anik Budiati, Kiki Dea Novitasari Hak Cipta (c) 2024 INTER TECH https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1139 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0700 Kajian Perilaku Pelat Baja Dinding Geser (Steel Plate Shear Wall) Dengan Modifikasi Reduce Beam Section https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1140 <p><em>Pelat baja dinding geser Steel Plate Shear Wall (SPSW) merupakan sebuah struktur penahan beban lateral elemen yang terdapat tiga elemen di dalamnya, yaitu pelat/panel, balok atau Horizontal Boundary Elements (HBE) dan kolom atau Vertical Boundary elements (VBE). Kolom dan balok yang besar dibutuhkan oleh SPSW panel solid untuk menahan gaya aksial dan momen guling yang terjadi. SPSW yang memiliki lubang pada pelat baja untuk mengurangi gaya memungkinkan penggunaan pelat baja lebih tebal yang meningkatkan kekakuan dan disipasi energy tanpa menambah ukuran balok dan kolom. Cara melubangi SPSW adalah dengan mengebor sepanjang diagonal papan. Pendekatan ini terdiri dari lubang – lubang bundar, persegi panjang, heksagonal yang disusun sepanjang diagonal pelat baja. SPSW perlubangan circle adalah yang paling efisien dalam hal load carrying capacity, top displacement, hysteresis curves dan failure mode. Program software Abaqus 6.10 digunakan dalam penyelesaiannya.</em></p> Mochamad Ridwan Hak Cipta (c) 2024 INTER TECH https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1140 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0700 Inovasi Untuk Peningkatan Kekuatan Dan Kekakuan Balok Lentur Dengan Isian Pasangan Bata Merah Yang Dibebani Beban Vertikal Statik Monotonik https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1142 <p><em>Indonesia termasuk daerah rawan bencana gempa bumi. Bencana ini bukan hanya mengancam infrastuktur tetapi juga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis. Untuk itu, rancang bangun elemen struktur sangat diperlukan, seperti rancang bangun balok beton bertulang. Studi dilakukan terhadap rancang bangun isian pasangan bata merah (IPBM) yang dimasukkan di tengah penampang balok selebar penuh arah melintang ke arah memanjang balok. IPBM ini sampai saat ini masih dianggap sebagai bagian dari non-engineered building. Hasil studi pada penelitian ini justru menunjukkan hasil bahwa IPBM memberi kontribusi pada kekuatan dan kekakuan balok IPBM. Kekuatannya meningkat 4,10% sedang kekakuannya meningkat sebesar 15,64%, sehingga selayaknya jika IPBM bukan hanya dianggap sebagai bagian dari non-engineered building</em> namun bisa berkontribusi secara struktural<em>.</em></p> Bambang Sabariman, Tavio Hak Cipta (c) 2024 INTER TECH https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1142 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0700 Pengenalan Tanda Lalu Lintas Berbasis Android: Augmented Reality https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1141 <p><em>Rambu-rambu jalan yang berfungsi sebagai petunjuk, peringatan, atau larangan bagi pengemudi langsung disebut rambu lalu lintas. Bisa berbentuk huruf, angka, kata, simbol, atau simbol lainnya. Namun salah satu tantangan dalam menerapkan hal ini adalah mencari tahu siapa yang perlu belajar dan di mana. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi augmented reality pengenalan rambu lalu lintas di SD Negeri Sidorejo dengan pendekatan Marker Based Tracking pada platform Android. Penelitian ini memanfaatkan 25 titik data yang diambil dari buku Tim Permata Press Tentang Hukum Lalu Lintas &amp; Angkutan Jalan. Rambu peringatan, rambu perintah, dan rambu larangan semuanya termasuk dalam data ini. Ditetapkan bahwa aplikasi ini harus dirancang dari Unity dengan memanfaatkan teknik berbasis penanda dan Mesin Vuforia untuk Pelacakan Berbasis Marker, berdasarkan temuan penelitian dan pengujian yang telah dilakukan. Aplikasi pembelajaran ini diujicobakan pada kelas 5 SD Negeri Sidorejo dan hasilnya dapat dijalankan pada Android versi 10 hingga 13.</em></p> Rifki Fahrial Zainal, Rahmawati Febrifyaning Tias, Fardanto Setyatama, M. Mahaputra Hidayat Hak Cipta (c) 2024 INTER TECH https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1141 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0700 Navigasi Mobile Robot Beroda Menggunakan Algoritma Maze Wall Following https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1143 <p><em>Permasalahan yang sering dihadapi mobile robot beroda adalah ketika menemui halangan statis maupun dinamis karena mempengaruhi pergerakan mobile robot beroda, sehingga dibutuhkan sebuah algoritma yang dapat memandu pergerakan mobile robot beroda agar tidak menabrak halangan statis yang berupa dinding atau benda dan halangan dinamis berupa manusia. Pada penelitian ini telah menghasilkan sebuah mobile robot beroda yang mampu menghindari halangan statis berupa dinding dan halangan dinamis berupa manusia yang bergerak dengan menggunakan 3 sensor ultrasonic HC-SR04 yang berfungsi untuk mendeteksi obstacle statis dan 1 sensor PIR Motion HC-SR501 yang berfungsi untuk mendeteksi obstacle dinamis. Algoritma maze wall following telah diterapkan untuk memandu pergerakan mobile robot beroda untuk menghindari halangan agar pergerakannya lebih teratur. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa tingkat keberhasilan ketika tanpa algoritma maze wall following adalah 0% karena pergerakan mobile robot beroda tidak terarah, sedangkan tingkat keberhasilan ketika menggunakan algoritma maze wall following adalah 81% karena mobile robot beroda lebih terarah. </em></p> Richa Watiasih, Faizal Nurrohman Hak Cipta (c) 2024 INTER TECH https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ejournal.ubhara.ac.id/intertech/article/view/1143 Fri, 31 May 2024 00:00:00 +0700