MENINGKATKAN KETERAMPILAN MANAJERIAL DAN KINERJA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH MELALUI KEMAMPUAN KOMUNIKASI UNTUK PENGEMBANGAN BISNIS BERKELANJUTAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Keterampilan komunikasi yang efektif memainkan peran penting dalam meningkatkan kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dalam lanskap bisnis yang kompetitif, UMKM harus mengartikulasikan proposisi nilai unik mereka dengan jelas dan persuasif untuk membedakan diri dari pesaing. Komunikasi yang efektif membantu dalam membangun kehadiran merek yang kuat dan menarik pelanggan. Komunikasi yang jelas dan empatik sangat penting untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang kuat dengan pelanggan, yang mencakup penanganan pertanyaan dengan efektif, menangani kekhawatiran, dan menyampaikan informasi tentang produk atau layanan .Urgensi untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dalam UMKM terletak pada korelasi langsung antara komunikasi yang efektif dan peningkatan kinerja di berbagai aspek bisnis. Tujuan dari pengembangan keterampilan komunikasi adalah untuk menciptakan lingkungan yang berfokus pada komunikasi yang mendorong produktivitas, inovasi, kepuasan pelanggan, dan kesuksesan secara keseluruhan dalam lanskap pasar yang kompetitif. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi tentang keterampilan komunikasi guna meningkatkan kinerja peserta UMKM, sehingga mempromosikan keberlanjutan bisnis mereka dan daya saing mereka di industri. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dengan sasaran anggota Persatuan Masyarakat Indonesia Pulau Pinang Malaysia PERMAI Penang Malaysia