LITERASI DIGITAL KELOMPOK TANI BUNGA 'CEMARA EMAS' DALAM MENINGKATKAN BRANDING DESTINATION WISATA BUNGA DESA LEDUG KECAMATAN PRIGEN KABUPATEN PASURUAN

Main Article Content

Fitria Widiyani Roosinda
Delmarrich Bilga Ayu P.
Dewi Prihandari

Abstract

Kampung Bunga 28 merupakan kampung bunga yang terletak di Kecamatan Prigen
Kabupaten Pasuruan. Kampung bunga yang memiliki pemandangan yang indah dengan
penduduk yang ramah dan solid, akan tetapi letak yang kurang dikenal oleh masyarakat luar
daerah tersebut menyebabkan penurunan grafik penujualan tanaman hias yang tidak begitu
tinggi. Hal ini dikarenakan kurangnya wawasan mengenai strategi pemasaran yang modern,
sehingga perlunya pembekalan mengenai pemasaran secara modern yaitu pemasaran
digital.Pemasaran digital adalah pemasaran yang dilakukan secara online dan tanpa batasan
waktu sehingga dapat diakses kapan pun dan dimanapun, sehingga guna mendukung usaha ini,
Universitas Bhayangkara melakukan kegiatan KKN Tematik di Kampung Bunga Desa Ledug
dengan Program yang dilakukan adalah melakukan perapihan lingkungan dan tampilan tanaman
toko, penambahan komponen pendukung untuk menampilkan produk serta memberdayakan
pemasaran digital melalui pembuatan akun Instagram, dan shopee serta konten foto produk.
Program ini bertujuan untuk menjadikan Kampung Bunga Desa Ledug sebagai objek wisata baru
dengan menyuguhkan berbagai macam spot foto yang instagramable, keindahan alam dan tempat
bercengkrama dengan nuansa alam serta dialiri air sungai yang bersih sehingga meningkatkan
kesadaran dan pemahaman kepada penduduk Desa Ledug tentang pentingnya penggunaan media
sosial sebagai platform untuk promosi dan meningkatkan penjualan produk. Ada 3 tahap yang
dilakukan, yaitu mendekorasi penempatan produk unggulan, mengoptimalkan pemasaran digital
melalui pengambilan foto serta pembuatan akun Instagram dan shopee.Pencapaian yang didapat
selama merangkai kegiatan tersebut dengan hasil saat ini Kampung Bunga Desa Ledug sudah
memiliki berbagai macam objek wisata dan memiliki akun media sosial yang berisikan produk –
produk tanaman hias serta marketplace untuk pemasaran digital. Media promosi digital ini
berpotensiakan meningkatkan grafik penjualan tanaman hias dan membuat masyarakat lebih
mengenal Kampung Bunga Desa Ledug.

Article Details

How to Cite
Roosinda, F. W., Ayu P., D. B., & Prihandari, D. (2020). LITERASI DIGITAL KELOMPOK TANI BUNGA ’CEMARA EMAS’ DALAM MENINGKATKAN BRANDING DESTINATION WISATA BUNGA DESA LEDUG KECAMATAN PRIGEN KABUPATEN PASURUAN . Jurnal ABDI Bhayangkara, 2(2), 259–266. Retrieved from https://ejournal.ubhara.ac.id/abdi/article/view/1428
Section
Articles