MENINGKATKAN BRANDING IMAGE UMKM LOKAL MELALUI INOVASI TEKNIK KOPI CELUP DI DUSUN BRUKAN, DESA KALISAT, KECAMATAN REMBANG, KABUPATEN PASURUAN

Main Article Content

ARIYAN ALFRAITA
DEVI NUR AINI
ARADEA PUTRI PAWENING

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan
oleh mahasiswa dalam memodernisasikan UMKM yang ada di masyarakat Dusun Brukan, Desa Kalisat,
Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan. Desa Kalisat merupakan salah satu desa yang terletak di wilayah
Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan. Letak Desa Kalisat cukup jauh dari pusat Kota Pasuruan. Ketika
memasuki desa ini terlebih dahulu melewati Kec. Gempol, Kec. Beji, Kec. Bangil, Kec. Rembang. Dengan
pelaksanaan KKN ini diharapkan mampu mengembangkan keterampilan sosial dan keterampilan kepribadian
mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran perkuliahan dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN)
dalam mengembangkan keterampilan mahasiswa. Kebanyakan dari Warga Desa Kalisat cenderung memilih untuk
menanam kopi dengan tujuan untuk diperjual-belikan, karena budidaya kopi merupakan mayoritas mata
pencaharian Masyarakat wilayah Pasuruan. Kopi sendiri memiliki kandungan yang memiliki manfaat diantaranya
memperbaiki mood, meningkatkan konsentrasi serta tingkat kewaspadaan, bahkan kopi sendiri dapat menurunkan
resiko kecenderungan stress dan depresi. Mengonsumsi kopi secara berkala dapat membantu mencegah penurunan
daya ingat atau bisa dikatakan untuk mempertajam ingatan.

Article Details

How to Cite
ALFRAITA, A. ., DEVI NUR AINI, & PAWENING, A. P. (2024). MENINGKATKAN BRANDING IMAGE UMKM LOKAL MELALUI INOVASI TEKNIK KOPI CELUP DI DUSUN BRUKAN, DESA KALISAT, KECAMATAN REMBANG, KABUPATEN PASURUAN. Jurnal ABDI Bhayangkara, 1335–1344. Retrieved from https://ejournal.ubhara.ac.id/abdi/article/view/1453
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)