PROGRAM PENGEMBANGAN PEMASARAN UMKM DI DESA KEDUNGREJO, KECAMATAN JABON MELALUI MEDIA SOSIAL

Main Article Content

Ruchan Sanusi

Abstract

Media sosial adalah alat atau sarana yang dapat diakses oleh semua orang tanpa adanya batasan
waktu dan jarak selama terdapat jaringan internet. Adanya media sosial yang mempunyai akses
luas, mudah, dan cepat hal ini dimanfaatkan oleh para pengusaha kecil UMKM untuk lebih berani
mempromosikan produk-produknya sebagai media pemasaran yang efektif dan efisien. Pesatnya
perkembangan UMKM membuat pemanfaatan media sosial juga semakin tinggi. Keberadaan
UMKM diharapkan mampu memperluas lapangan kerja, mempercepat proses pemerataan
ekonomi, peningkatan pendapatan masyarakat, dan mendorong mewujudkan stabilitas nasional.
Pemanfaatan media sosial diharapkan mampu menambah jangkauan pemasaran usaha UMKM.
Dengan adanya program Kuliah kerja Nyata Tematik diharapkan kegiatan penyuluhan dan
pelatihan tentang pengembangan pemasaran UMKM di Desa Kedung Rejo melalui media sosial
dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya media sosial dalam
mengembangkan bisnis sekaligus mengikuti perkembangan zaman dan dapat dimanfaatkan
semaksimal mungkin.

Article Details

How to Cite
Sanusi, R. . (2020). PROGRAM PENGEMBANGAN PEMASARAN UMKM DI DESA KEDUNGREJO, KECAMATAN JABON MELALUI MEDIA SOSIAL. Jurnal ABDI Bhayangkara, 2(1), 13–24. Retrieved from https://ejournal.ubhara.ac.id/abdi/article/view/1280
Section
Articles