OPTIMALISASI PRODUK DAN PENINGKATAN NILAI TAMBAH HASIL PENJUALAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI ERA DIGITAL DENGAN MELIBATKAN IPTEK PADA USAHA ARUNIA BAKERY DI SURABAYA

Main Article Content

Heri Kusairi
Febrianto Pratama

Abstract

Permasalahan yang terjadi berawal dari lokasi kampung Dukuh Gemol RT02 RW03 berada yang strategis
dikelilingi oleh perumahan serta sekolah-sekolah serta belum ada usaha yang berkembang di era digital saat ini.
Besarnya peluang wirausaha di lingkungan kampung Dukuh Gemol RT 02 RW 03 sangat berdampak besar
terhadap kelangsungan hidup masyarakat. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata(KKN) dilaksanakan untuk menyelesaikan
permasalahan yang terjadi di lingkungan tersebut. Salah satu solusi penyelesaian adalah dengan optimalisasi


produk dan peningkatan nilai tambah hasil penjualan dalam menghadapi persaingan di era digital. Langkah-
langkah kerja meliputi observasi, perencanaan, penerapan dan pengujian. Komponen utama optimalisasi produk


berupa sosialisasi kepada warga tentang packaging serta label, lampu led untuk penerangan toko, acrilic untuk
pemasangan jenis-jenis produk dengan pembuatan promosi usaha melalui instagram, facebook, wattsap,
grabfood,dan gofood. Hasil akhir kegiatan KKN ini adalah pemberian promosi usaha secara online dan
pemasangan serta pembuatan neon box yang mampu menarik perhatian konsumen.

Article Details

How to Cite
Kusairi, H. ., & Pratama, F. (2022). OPTIMALISASI PRODUK DAN PENINGKATAN NILAI TAMBAH HASIL PENJUALAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DI ERA DIGITAL DENGAN MELIBATKAN IPTEK PADA USAHA ARUNIA BAKERY DI SURABAYA. Jurnal ABDI Bhayangkara, 639–648. Retrieved from https://ejournal.ubhara.ac.id/abdi/article/view/1306
Section
Articles