USAHA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM MASYARAKAT DESA SEDURI KEC. BALONGBENDO MENGGUNAKAN MEDIA E-COMMERCE DAN MARKETPLACE

Main Article Content

R. Dimas Adityo
Dedik Putra P.
Vania Mirabel
Endah Putri R.

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu penerapan, pengembangan, dan juga bentuk pengabdian mahasiswa keapada masyarakat yang dilaksanakan di luar kampus. Pada pelaksananaannya, KKN diharapkan dapat mengembangkan kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian mahasiswa. Pada jurnal kegiatan ini, kegiatan KKN dilaksanakan di desa Seduri, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur dengan mengangkat tema Peningkatan Penjualan UMKM dengan menggunakan sosial media berupa e-commerce dan marketplace. Tujuan pengabdian ini adalah untuk mengetahui peranan Kuliah Kerja Nyata dan juga sebagai jurnal pengabdian hasil program kerja yang telah dilakukan oleh kelompok kami. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode wawancara ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai kegiatan UMKM yang tengah dijalankan oleh masyarakat desa Seduri, dan dari hasil pengabdian diperoleh bahwa peranan KKN sebagai bagian dari pengembangan kompetensi mahasiswa khususnya kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian sangat jelas didapati dilokasi pengabdian.

Article Details

How to Cite
Adityo, R. D., Putra P., D. ., Mirabel, V., & Putri R., E. (2023). USAHA PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM MASYARAKAT DESA SEDURI KEC. BALONGBENDO MENGGUNAKAN MEDIA E-COMMERCE DAN MARKETPLACE. Jurnal ABDI Bhayangkara, 987–998. Retrieved from https://ejournal.ubhara.ac.id/abdi/article/view/1367
Section
Articles