PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI KETUA HIMAPURA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERORGANISASI ANGGOTA HIMPUNAN MAHASISWA ADMINISTRASI PUBLIK UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA
Main Article Content
Abstract
Peranan komunikasi dalam suatu organisasi sangatlah penting, karena komunikasi merupakan faktor pendorong keberhasilan suatu organisasi dimana dalam melakukan koordinasi menggunakan komunikasi. Selain itu, komunikasi organisasi bertujuan untuk untuk mencapai tujuan yang diinginkan organisasi, mengarahkan dan memotivasi anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi organisasi ketua dalam meningkatkan motivasi berorganisasi anggota Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Bhayangkara Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ketua HIMAPURA sudah menetapkan dan menyebarluaskan dengan jelas tujuan organisasi yaitu berkaitan tentang visi misi organisasi kepada para anggota melalui rapat kerja, rapat pertemuan organisasi dan grup whatsapp, (2) ketua HIMAPURA sudah menyusun rencana-rencana untuk mencapai tujuan organisasi secara rinci dan sistematis dan seringkali menyusun rencana alternatif bersama para anggota, (3) ketua HIMAPURA sudah melakukan pengorganisasian terhadap sumber daya manusia dengan cukup baik yaitu dengan membentuk divisi-divisi, mengorganisasikan anggotanya dalam divisi dan menyampaikan tugas yang ada pada masing-masing divisi secara detail, (4) ketua HIMAPURA sudah cukup baik memimpin dan mengarahkan anggota nya untuk bekerjasama mencapai tujuan organisasi. Ketua juga menciptakan iklim organisasi yang dinamis dan menarik bagi anggotanya, yaitu iklim organisasi yang serius tapi tidak kaku dan dingin, dan (5) ketua HIMAPURA sudah cukup baik dalam mengendalikan prestasi organisasi HIMAPURA
Article Details
Authors who publish with Intelektual: Jurnal Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi agree to the following terms:
- The author retains copyright licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 (CC BY-NC 4.0), which allows others to remix, adapt, and expand on the author's work non-commercially, and even if someone else's new work must also acknowledge the author and is non-commercial, they do not need to license their derivative works on the same terms.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchange, as well as earlier and greater citation of the published work ( See Impact of Open Access). Authors can archive preprints and postprints or publisher/PDF versions.