Pengaruh Penambahan Crumb Rubber (Cr) Terhadap Parameter Marshall Pada Campuran Lapis Aspal Beton (LASTON) Untuk Lalu Lintas Sedang

Isi Artikel Utama

Anik Budiati

Abstrak

Penggunaan karet ban bekas (Crumb Rubber) sebagai bahan tambah merupakan salah satu alternative untuk mengurangi penggunaan bahan aspal disamping mengurangi pencemaran lingkungan. Hadiwiyono (2012), meneliti pengaruh penambahan parutan ban karet terhadap marshall. Prosentase kadar aspal yang digunakan 7% sampai 9% aspal yang dicampur dengan 20%, 21% dan 22% serbuk karet ban bekas. Dari hasil uji stabilitas marshal didapatkan nilai optimun penetrasi dan daktilitas pada kadar aspal 7%  dengan  serbuk ban 22%, hasil  uji penetrasi menunjukan angka rata-rata 65 memenuhi persyaratan SNI 06-2456-1991) dan nilai daktilitas rata-rata 68,1, nilai ini tidak memenuhi persyaratan SNI 2432-2011 (≥100 cm). Berdasarkan hal diatas didapatkan hasil bahwa penambahan CR mempunyai pengaruh yang dapat meningkatkan nilai Volumetrik dan Marshall . Hasi penelitian ini ini dilanjutkan dengan kadar CR yang berbeda, dan didapatkan hasil  terbesar dari test volumetrik didapatkan nilai MQ 497,3 kg/mm pada varian nomor 11 dengan kadar aspal 5,8% dan CR 4%, nilai VIM 3,13% pada varian nomor 11 dengan kadar aspal 5,8% dan CR 4% dan nilai VMA 19,42% pada varian nomor 8 dengan kadar aspal 5,8% dan CR 3%. Dan untuk nilai terbesar test marshall didapatkan nilai stabilitas 1180,80 kg pada varian nomor 8 dengan kadar aspal 5,8% dan CR 3%, nilai flow 2,69 mm .Varian tersebut telah memenuhi spesifikasi SNI Bina Marga 2010 Rev 3 untuk lalu lintas sedang.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel