Pembangunan Aplikasi Layanan Kesehatan Untuk Konsultasi Kebidanan Masyarakat Berbasis Android (Studi Kasus Daerah Kecamatan Sambas, Kalimantan Barat)

Isi Artikel Utama

Nazariyan

Abstrak

Bidan diakui sebagai tenaga profesional yang bertanggung jawab dan akuntabel, yang bekerja sebagai mitra perempuan yang memberikan dukungan, asuhan, dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan bantuan lain-lain yang sesuai dengan kapasitas ataupun profesi Bidan.Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dari Bidan biasanya seseorang akan langsung datang ke tempat untuk berkonsultasi, tak jarang hal ini memberikan harapan yang tidak sesuai keinginan, dimana Bidan tidak berada di tempat karena tidak mengetahui jadwal si Bidan tersebut.Oleh kerena itu untuk mengatasi masalah tersebut maka dibuatlah sebuah aplikasi yang dapat menghubungkan pasien dan Bidan yang diharapkan lebih efektif dan efisien. Pembuatan aplikasi sendiri menggunakan metode Waterfall. Hasil pembangunan aplikasi serta pengujian yang telah dilaksanakan mendapatkan respon yang positif dari responden maupun masyarakat karena terbukti lebih efektif dan efisien.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel