Pengenalan Tanda Lalu Lintas Berbasis Android: Augmented Reality

Isi Artikel Utama

Rifki Fahrial Zainal
Rahmawati Febrifyaning Tias
Fardanto Setyatama
M. Mahaputra Hidayat

Abstrak

Rambu-rambu jalan yang berfungsi sebagai petunjuk, peringatan, atau larangan bagi pengemudi langsung disebut rambu lalu lintas. Bisa berbentuk huruf, angka, kata, simbol, atau simbol lainnya. Namun salah satu tantangan dalam menerapkan hal ini adalah mencari tahu siapa yang perlu belajar dan di mana. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi augmented reality pengenalan rambu lalu lintas di SD Negeri Sidorejo dengan pendekatan Marker Based Tracking pada platform Android. Penelitian ini memanfaatkan 25 titik data yang diambil dari buku Tim Permata Press Tentang Hukum Lalu Lintas & Angkutan Jalan. Rambu peringatan, rambu perintah, dan rambu larangan semuanya termasuk dalam data ini. Ditetapkan bahwa aplikasi ini harus dirancang dari Unity dengan memanfaatkan teknik berbasis penanda dan Mesin Vuforia untuk Pelacakan Berbasis Marker, berdasarkan temuan penelitian dan pengujian yang telah dilakukan. Aplikasi pembelajaran ini diujicobakan pada kelas 5 SD Negeri Sidorejo dan hasilnya dapat dijalankan pada Android versi 10 hingga 13.

Rincian Artikel

Bagian
Artikel