Studi Panjang Antrian Lalu Lintas Simpang Bersinyal Berdasarkan Metode PKJI 2023 Dan HCM 2010

Isi Artikel Utama

Anik Budiati
Anisa Rizki Amalia Fitri
Citto Pacama Fajrinia

Abstrak

ABSTRACT


Traffic congestion is a problem that greatly affects the performance of road services, resulting in obstruction of road user activities. Congestion often occurs in intersection areas, especially in commercial type intersection areas. Unbalanced road capacity will cause long queues and large delays. The aim of this research is to solve problems that are appropriate to these problems.In this research, samples taken in the field include road geometry, traffic volume, red time and queue length. The location chosen was a signalized intersection with different geometric conditions in the city of Surabaya with a direct left turn treatment. The method used in calculating this research is PKJI 2023 and HCM 2010. Based on the research results, the correlation value for PKJI 2023 queue length with the regression equation Y = 37,780 – 1,476 X1 – 0.172 X2 + 2,054 29,937 + 13,090 X1 + 1,123 X2 + 0.002 X3. Based on the results obtained, Queue Length is influenced by Road Width and Red Time. With the difference in the 2010 HCM Queue Length value being 80% greater than PKJI 2023.


Keywords: HCM 2010, Queue Length, PKJI 2023, Signalized Intersection, Correlation


ABSTRAK


Kemacetan lalu lintas menjadi suatu permasalahan yang sangat mempengaruhi kinerja pelayanan suatu jalan yang mengakibatkan terhambatnya aktivitas pengguna jalan. Kemacetan sering terjadi dikawasan Persimpangan terutama didaerah Simpang dengan Tipe Komersial. Tidak seimbangnya kapasitas jalan akan menyebabkan antrian yang panjang dan waktu tundaan yang besar. Tujuan dari penelitian ini untuk memecahkan masalah yang sesuai dengan permasalahan tersebut. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil di lapangan meliputi geometri jalan, volume lalu lintas, waktu merah, dan panjang antrian. Lokasi yang dipilih yaitu simpang bersinyal dengan kondisi geometri yang berbeda di Kota Surabaya dengan perlakuan belok kiri langsung. Metode yang digunakan dalam perhitungan penelitian ini yaitu PKJI 2023 dan HCM 2010. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai korelasi panjang antrian PKJI 2023 dengan persamaan regresi Y = 37.780 – 1.476 X1 – 0.172 X2 + 2.054 X3 sedangkan nilai korelasi untuk HCM 2010 yaitu Y= -29.937 + 13.090 X1 + 1.123 X2 + 0.002 X3. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh Panjang Antrian dipengaruhi oleh Lebar Jalan dan Waktu Merah.Dengan selisih nilai Panjang Antrian HCM 2010 lebih besar 80% dibanding PKJI 2023. 


Kata Kunci : HCM 2010, Panjang Antrian, PKJI 2023, Simpang Bersinyal, Korelasi

Rincian Artikel

Bagian
Artikel