Peran Brand Ambassador Dalam Membentuk Keputusan Pembelian Produk
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki fungsi brand ambassador dalam memengaruhi pilihan pembelian konsumen melalui studi kasus pemilihan aktor asal Korea Selatan, Song Joong Ki, sebagai brand ambassador dari produk Scarlett Whitening. Brand ambassador adalah suatu strategi dalam komunikasi pemasaran yang ditujukan untuk memperkuat citra merek serta menjalin hubungan emosional antara konsumen dan produk. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode tinjauan literatur yang mempelajari berbagai sumber akademis yang relevan dalam lima tahun terakhir. Temuan dari kajian ini menunjukkan bahwa penunjukan Song Joong Ki sebagai brand ambassador memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan kesadaran merek, kredibilitas produk, dan juga mendorong keputusan pembelian dari konsumen. Daya tarik visual, reputasi yang baik, dan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap sosok publik seperti Song Joong Ki menjadi faktor utama yang memperkuat citra produk di mata konsumen. Pendekatan ini terbukti berhasil dalam menjangkau audiens yang lebih luas, terutama di kalangan anak muda yang terpengaruh oleh fenomena Korean Wave. Penelitian ini menggarisbawahi bahwa penggunaan selebriti internasional yang terkenal sebagai brand ambassador dapat meningkatkan daya saing merek lokal di tengah persaingan di industri kosmetik yang semakin ketat.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with Intelektual: Jurnal Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi agree to the following terms:
- The author retains copyright licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 (CC BY-NC 4.0), which allows others to remix, adapt, and expand on the author's work non-commercially, and even if someone else's new work must also acknowledge the author and is non-commercial, they do not need to license their derivative works on the same terms.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchange, as well as earlier and greater citation of the published work ( See Impact of Open Access). Authors can archive preprints and postprints or publisher/PDF versions.
Referensi
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766
Arif, M., & Yani, S. A. (2023). Keputusan Pembelian Online: Peran Ecomerce dan Brand Awareness Dimediasi Dropshipping. https://www.google.co.id/books/edition/Keputusan_Pembelian_Online_Peran_Ecomerc/_5s3EQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=amirullah keputusan pembelian&pg=PR4&printsec=frontcover
Aulia, F. N., Andrian, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). Peran Brand Ambassador (Song Joong Ki) Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Pada Produk Kecantikan Scarlett Whitening. Jurnal Economina, 2(9), 2518–2530. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.831
Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR SONG JOONG KI DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING (STUDI KASUS DI KOTA KEDIRI). Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840
Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46
Hakim, A. (2022). Eksistensi Song Joong Ki Sebagai brand ambassador Terhadap brand image Scarlett Whitening (Survei pada followers instagram @scarlett_whitening).
Jonathan, J., & George Nicholas Huwae, G. N. H. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Brand Ambassador Song Joong Ki Terhadap Brand Image Scarlett Whitening. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(1), 156–163. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i1.271
Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(2), 113. https://doi.org/10.51804/iej.v2i2.764
Lightbown, Patsy M., Spada, N. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK. Jurnal Bisnis Kolega (JBK), 12(2), 27–40.
Murtiningsih, D., & Marlapa, E. (2025). BUKU AJAR PERILAKU KONSUMEN. https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Perilaku_Konsumen/pcBVEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=keputusan pembelian&pg=PR4&printsec=frontcover
Oktavia, C. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Song Jong Ki Dan Brand Image Scarlett Whitening Terhadap Minat Beli Konsumen. Communique, 5(2), 1–23.
Purnandika, R. A., Febriyantoro, M. T., Zulkifli, Suleman, D., Saputra, F., & Suyoto, Y. T. (2022). The Influence of Brand Ambassador, Brand Personality, and Korean Wave on Purchase Decisions of Somethinc. International Journal Multidisciplinary Science, 1(3), 16–24. https://doi.org/10.56127/ijml.v1i3.387
Putra, H. D., Lubis, R., Asir, M., Muthalib, D. A., & Anwar, M. A. (2023). Literature Review: Peran Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Darma Agung, 31(1), 799. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3128
Ulandari, M., Putr, Y. H., & Nailis, W. (2025). BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE : FAKTOR PENENTU. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2, 9–23.