Peran Brand Ambassador Dalam Membentuk Keputusan Pembelian Produk

Isi Artikel Utama

Reva Fisalsabila
Arfian Suci Ramdhan
Yesya Vatria Barasa
Ayu Nurmala
Deswita Fitriyani
Ariani Galuh Pangastuti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki fungsi brand ambassador dalam memengaruhi pilihan pembelian konsumen melalui studi kasus pemilihan aktor asal Korea Selatan, Song Joong Ki, sebagai brand ambassador dari produk Scarlett Whitening. Brand ambassador adalah suatu strategi dalam komunikasi pemasaran yang ditujukan untuk memperkuat citra merek serta menjalin hubungan emosional antara konsumen dan produk. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode tinjauan literatur yang mempelajari berbagai sumber akademis yang relevan dalam lima tahun terakhir. Temuan dari kajian ini menunjukkan bahwa penunjukan Song Joong Ki sebagai brand ambassador memiliki dampak yang signifikan dalam meningkatkan kesadaran merek, kredibilitas produk, dan juga mendorong keputusan pembelian dari konsumen. Daya tarik visual, reputasi yang baik, dan tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap sosok publik seperti Song Joong Ki menjadi faktor utama yang memperkuat citra produk di mata konsumen. Pendekatan ini terbukti berhasil dalam menjangkau audiens yang lebih luas, terutama di kalangan anak muda yang terpengaruh oleh fenomena Korean Wave. Penelitian ini menggarisbawahi bahwa penggunaan selebriti internasional yang terkenal sebagai brand ambassador dapat meningkatkan daya saing merek lokal di tengah persaingan di industri kosmetik yang semakin ketat.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fisalsabila, R., Ramdhan, A. S. ., Barasa, Y. V., Ayu Nurmala, Fitriyani, D., & Pangastuti, A. G. . (2025). Peran Brand Ambassador Dalam Membentuk Keputusan Pembelian Produk. INTELEKTUAL ( E-Journal Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi ), 12(1), 69–75. https://doi.org/10.55499/intelektual.v12i01.1337
Bagian
Articles

Referensi

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Arif, M., & Yani, S. A. (2023). Keputusan Pembelian Online: Peran Ecomerce dan Brand Awareness Dimediasi Dropshipping. https://www.google.co.id/books/edition/Keputusan_Pembelian_Online_Peran_Ecomerc/_5s3EQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=amirullah keputusan pembelian&pg=PR4&printsec=frontcover

Aulia, F. N., Andrian, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). Peran Brand Ambassador (Song Joong Ki) Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Pada Produk Kecantikan Scarlett Whitening. Jurnal Economina, 2(9), 2518–2530. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.831

Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR SONG JOONG KI DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING (STUDI KASUS DI KOTA KEDIRI). Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840

Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46

Hakim, A. (2022). Eksistensi Song Joong Ki Sebagai brand ambassador Terhadap brand image Scarlett Whitening (Survei pada followers instagram @scarlett_whitening).

Jonathan, J., & George Nicholas Huwae, G. N. H. (2022). Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Brand Ambassador Song Joong Ki Terhadap Brand Image Scarlett Whitening. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(1), 156–163. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i1.271

Lailiya, N. (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tokopedia. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(2), 113. https://doi.org/10.51804/iej.v2i2.764

Lightbown, Patsy M., Spada, N. (2022). PENGARUH BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK. Jurnal Bisnis Kolega (JBK), 12(2), 27–40.

Murtiningsih, D., & Marlapa, E. (2025). BUKU AJAR PERILAKU KONSUMEN. https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Perilaku_Konsumen/pcBVEQAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=keputusan pembelian&pg=PR4&printsec=frontcover

Oktavia, C. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Song Jong Ki Dan Brand Image Scarlett Whitening Terhadap Minat Beli Konsumen. Communique, 5(2), 1–23.

Purnandika, R. A., Febriyantoro, M. T., Zulkifli, Suleman, D., Saputra, F., & Suyoto, Y. T. (2022). The Influence of Brand Ambassador, Brand Personality, and Korean Wave on Purchase Decisions of Somethinc. International Journal Multidisciplinary Science, 1(3), 16–24. https://doi.org/10.56127/ijml.v1i3.387

Putra, H. D., Lubis, R., Asir, M., Muthalib, D. A., & Anwar, M. A. (2023). Literature Review: Peran Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Darma Agung, 31(1), 799. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v31i1.3128

Ulandari, M., Putr, Y. H., & Nailis, W. (2025). BRAND AMBASSADOR DAN BRAND IMAGE : FAKTOR PENENTU. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2, 9–23.