INSTAGRAM-BASED FINTECH MARKETING COMMUNICATION STRATEGY OF LIVIN’ BY MANDIRI

Isi Artikel Utama

Meyla Tazqiya Rakhma
Siti Syifazalia Anjariska P Putri

Abstrak

Digitalisasi layanan perbankan telah menjadi suatu keharusan di era dunia yang saling terhubung seperti saat ini, dengan perbankan seluler (mobile banking) muncul sebagai saluran utama untuk transaksi keuangan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran digital dari Livin’ by Mandiri, aplikasi mobile banking andalan dari Bank Mandiri, melalui kerangka kerja SOSTAC yang mencakup Situation, Objectives, Strategy, Tactics, Action, dan Control dan didukung oleh analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis dokumen, observasi konten pemasaran di Instagram, serta tinjauan data sekunder dari publikasi resmi dan umpan balik pengguna. Penelitian ini menelaah bagaimana Bank Mandiri memanfaatkan Instagram untuk menjangkau konsumen digital-native, mempromosikan layanan keuangannya, serta memosisikan Livin’ by Mandiri sebagai platform keuangan yang berorientasi gaya hidup. Temuan menunjukkan bahwa Bank Mandiri mengintegrasikan pemasaran gaya hidup, kampanye literasi keuangan, dan promosi yang ditargetkan untuk membangun hubungan pelanggan yang lebih kuat dan mendorong adopsi aplikasi. Selain itu, inisiatif tanggung jawab sosial juga turut meningkatkan kredibilitas merek. Namun, masalah kegunaan (usability) dan keandalan aplikasi masih menjadi perhatian utama berdasarkan sentimen pengguna terbaru. Studi ini menyimpulkan bahwa pendekatan komunikasi digital yang strategis dan berbasis data sangat penting untuk tetap kompetitif dalam ekosistem fintech. Penelitian selanjutnya disarankan untuk memasukkan wawancara pengguna dan analisis perbandingan antar platform guna memperoleh wawasan yang lebih mendalam terkait pengalaman dan keterlibatan pengguna.  

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rakhma, M. T., & Putri, S. S. A. P. (2025). INSTAGRAM-BASED FINTECH MARKETING COMMUNICATION STRATEGY OF LIVIN’ BY MANDIRI. INTELEKTUAL ( E-Journal Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi ), 12(2), 129–143. https://doi.org/10.55499/intelektual.v12i2.1583
Bagian
Articles

Referensi

Aji, H. M., Berakon, I., & Md Husin, M. (2020). COVID-19 and e-wallet usage intention: A multigroup analysis between Indonesia and Malaysia. Cogent Business and Management, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1804181

Arifianti, A. (2019). Pendekatan Model Public Relation PR Smith’s SOSTAC Untuk Menganalisis Sistem Perencanaan Digital Marketing PT Valbury Asia Futures. Jurnal Komunikasi, 10(2), 132–138. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i2.6020

Asyari, H. (2024). Strategi Penggunaan Content Marketing Pada Pengguna TikTok dan Instagram Berdasarkan Audience Behaviour di Perusahaan X. Jurnal Vokasi Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.7454/jvi.v12i1.1215

Baines, P. F. (2013). Essentials of Marketing. Oxford: Oxford University Press.

Chaffey, D. &.-C. (2019). Digital Marketing: Strategy and Implementation. Pearson Education.

Chaffey, D. S. (2017). Digital Marketing Excellence: Planning, optimizing and integrating online marketing. United Kingdom: Taylor & Francis.

Dayan, M. T. (2020). Pengaruh Persepsi Konsumen, Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Penggunaan Aplikasi Pembayaran Digital. Jurnal Transaksi, 12(1), 40–50.

Dila Khoirin anisa, & Novi Marlena. (2022). Pengaruh User Generated Content Dan E-Wom Pada Aplikasi Tik-Tok Terhadap Purchase Intention Produk Fashion. Jurnal Sinar Manajemen, 9(2), 207–218. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i2.2610

Gilal, F. G., Gilal, N. G., Shahid, S., Gilal, R. G., & Shah, S. M. M. (2022). The role of product design in shaping masstige brand passion: A masstige theory perspective. Journal of Business Research, 152, 487–504. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2022.08.008

Hanlon, A. (2019). Digital marketing: Strategic planning & integration. SAGE Publications.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Nurfadila, N., Ariyanti, M., & Trianasari, N. (2023). Analisis Kualitas Layanan Mobile Banking New Livin’ By Mandiri Menggunakan Sentiment Analysis. JIBR: Journal of Indonesia Business Research, 1(1), 77–82. http://doi.org/10.25124/logic.v1i1.6486

Ramadhan, M. G., Oktadini, N. R., Putra, P., Sevtiyuni, P. E., & Meiriza, A. (2023). Analysis of User Experience on the MyPertamina Application using User Experience Questionnaire Method. Jurnal Komtika (Komputasi Dan Informatika), 7(2), 176–186. https://doi.org/10.31603/komtika.v7i2.10467

Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Visi Komunikasi, 16(01), 71–90. www.queenova.com,

Sari, M. P., & Setyanto, Y. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran PT. Han Indotama Perkasa Dalam Memperkenalkan Brand Minuman Han Dynastea. Prologia, 3(1), 182. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6237

Simanjuntak, R., Yani, A., & Sumarsid, S. (2023). Dampak Karakteristik Influencer Digital terhadap Niat Beli Produk Fashion. Labs: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 28(2), 1–13.