KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TRANSPORTASI FEEDER WIRA WIRI SUROBOYO DALAM PERSPEKTIF STANDAR PENYELENGGARAAN BIDANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK TRANSPORTASI FEEDER WIRA WIRI SUROBOYO DALAM PERSPEKTIF STANDAR PENYELENGGARAAN BIDANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Transportasi publik yang diselenggarakan oleh Dinas Perhubungan Kota Surabaya.
Berdasarkan klasifikasi dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan
Angkutan Jalan, serta diperkuat dalam Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2021 tentang
Penyelenggaraan Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Feeder ini termasuk ke dalam kategori
Angkutan Jalan, khususnya Angkutan Umum. Penelitian ini mengkaji Kualitas Pelayanan Publik
Transportasi Feeder Wira Wiri Suroboyo Dalam Perspektif Standar Penyelenggaraan Bidang
Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan Berdasarkan peraturan pemerintah nomor 30 tahun 2021,
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan yang
diberikan untuk memenuhi harapan pengguna serta kesesuaiannya dengan standar pelayanan
publik yang berlaku. Analisis dilakukan Dengan mengintegrasikan teori kualitas pelayanan
publik dari Zeithaml et al. (1990) ke dalam kerangka regulasi PP No. 30 Tahun 2021, Penelitian
ini mengevaluasi kualitas pelayanan transportasi feeder Wira Wiri Suroboyo melalui pendekatan
lima dimensi kualitas pelayanan Zeithaml et al. (1990), serta mengaitkannya dengan prinsip
penyelenggaraan transportasi publik yang selamat, aman, efisien, efektif, dan seimbang
sebagaimana diatur dalam PP No. 30 Tahun 2021. Hasil menunjukkan bahwa dimensi tangibles
(bukti fisik) telah mendukung aspek keselamatan dan keamanan melalui penyediaan fasilitas
standar seperti CCTV, aksesibilitas, dan tempat duduk prioritas. Namun, dimensi reliability dan
responsiveness masih menghadapi hambatan, seperti ketidakkonsistenan jadwal dan minimnya
prosedur darurat, yang berdampak pada rendahnya efisiensi dan efektivitas layanan. Sementara
itu, dimensi assurance dan empathy belum sepenuhnya mencerminkan pelayanan yang
seimbang, terutama dalam menjamin akses yang setara dan komunikasi yang inklusif. Temuan
ini menegaskan perlunya perbaikan sistemik agar kualitas pelayanan publik dapat berjalan
selaras dengan prinsip-prinsip dasar transportasi yang ditetapkan pemerintah.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with Intelektual: Jurnal Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi agree to the following terms:
- The author retains copyright licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 (CC BY-NC 4.0), which allows others to remix, adapt, and expand on the author's work non-commercially, and even if someone else's new work must also acknowledge the author and is non-commercial, they do not need to license their derivative works on the same terms.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchange, as well as earlier and greater citation of the published work ( See Impact of Open Access). Authors can archive preprints and postprints or publisher/PDF versions.
Referensi
Anisah, S. (2024). Efektivitas
Pelaksanaan Transportasi Fredeer
Wira Wiri Suroboyo Dalam
Peningkatan Kepuasan Pengguna
Transportasi Umum (Studi Kasus:
FD01 Rute Terminal BenowoTunjungan). Jurnal Penelitian
Administrasi Publik, 4(05).
Aljufry, M. M., & Rochim, A. I. (2022).
Penerapan Pelaksanaan Good
Governance Terhadap Pelayanan
Publik (Studi Kasus Di Kantor
Desa Kebonagung Sidoarjo) (Vol.
, Issue 01).
Bazarah, J., Jubaidi, A., & Hubaib, D. F.
(2021). Konsep Pelayanan Publik
Di Indonesia (Analisis Literasi
Penyelenggaraan Pelayanan
Publik di Indonesia).
Bunga, S. J., & Widianingsih, S. (2023).
Pengaruh Kualitas Pelayanan
terhadap Kepuasan Pelanggan
pada Bpw Clean The Effect of
Service Quality on Customer
Satisfaction at Bpw Clean
Bandung in 2022.
Widayanti, A., Soeparno, & Karunia, B.
(2014). Permasalahan dan
pengembangan angkutan umum di
kota surabaya
Zahro Rumana, M., Puspaningtyas, A.,
& Hariyoko, Y. (2024). Evaluasi
kebutuhan wira wiri suroboyo
sebagai transportasi publik kota
surabaya. In Jurnal Penelitian
Administrasi Publik (Vol. 4, Issue
.