STRATEGI KOMUNIKASI BMKG DALAM DIFUSI INOVASI MITIGASI BENCANA ALAM MENGGUNAKAN MEME DAN VTUBER MELALUI INSTAGRAM @STAGEOF.GOWA

Isi Artikel Utama

Fadil Chambali Mukti Wibowo
Julyanto Ekantoro

Abstrak

Mitigasi bencana merupakan aspek krusial dalam membangun kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi risiko bencana yang semakin kompleks. Penyebaran inovasi mitigasi bencana diperlukan sebagai proses komunikasi yang terstruktur dan konsisten untuk menyebarluaskan pemahaman masyarakat tentang potensi bahaya dan mendorong adopsi langkah-langkah pencegahan yang inovatif dan efektif. Penyebaran inovasi ini tidak hanya berfungsi sebagai alat penyampaian informasi, tetapi juga meningkatkan kesadaran dan mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam mengadopsi teknologi, strategi, dan perilaku yang sesuai di era digital. Studi ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun Instagram @stageof.gowa, dengan pendekatan kreatif menggunakan konten meme dan karakter VTuber sebagai media pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini mengadopsi Teori Difusi Inovasi Everett M. Rogers, dengan fokus pada tiga aspek utama: unsur-unsur inovasi, tahap-tahap proses pengambilan keputusan inovasi, dan karakteristik inovasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kreatif ini secara efektif menarik perhatian publik dan meningkatkan kesadaran akan bencana, terutama di kalangan audiens muda. Strategi ini juga menciptakan pola komunikasi yang adaptif dan memperluas jangkauan, sejalan dengan perilaku digital masyarakat saat ini.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fadil Chambali Mukti Wibowo, & Julyanto Ekantoro. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI BMKG DALAM DIFUSI INOVASI MITIGASI BENCANA ALAM MENGGUNAKAN MEME DAN VTUBER MELALUI INSTAGRAM @STAGEOF.GOWA. INTELEKTUAL ( E-Journal Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi ), 12(2), 237–248. https://doi.org/10.55499/intelektual.v12i2.1638
Bagian
Articles

Referensi

Fajarwati, A., Setiawati, E., & Yusdiana, Y. (2023). Mitigasi Bencana Alam Melalui Permainan Tradisional Pada Anak Usia Dini. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 9(1), 9. https://doi.org/10.18592/jea.v9i1 .7334

Hasanah Pusparini. (2022). Analisis Difusi Inovasi Pada Strategi Komunikasi Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Dalam Pelestarian Budaya. UIN YOGYAKARTA.

Khatami, M. I., & Nurjanah, A. (2022). Difusi Inovasi dalam Penerapan Komunikasi Bencana pada Masa Mitigasi oleh Forum Pengurangan Risiko Bencana ( FPRB). Jurnal Audiens, 3(3), 121–130. https://doi.org/10.18196/jas.v3i3 .13152

Moelong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). PT Remaja Rosdakarya.

Mulyati, I., Mansyuruddin, M., Adrianus, A., Bahari, Y., & Warneri, W. (2023). Proses Difusi Inovasi dalam Penerapan Metode Pengajaran Baru. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2425–2433. https://doi.org/10.31004/edukatif .v5i6.5769

Nisrokha. (2020). DIFUSI INOVASI DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN Nisrokha 1. 10, 173–184.

Nurzam, M. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM MITIGASI BENCANA ALAM DI KOTA PAREPARE. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Rieka Yulita Widaswara, Ida Bagus Kade, Y. P. (2022). DIFUSI INOVASI DAN ADOPSI MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DI ERA PEMBELAJARAN DARING. 2(3), 310–324