Strategi Komunikasi Internal PT Berca Kawan Sejati Surabaya Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Kerja Akibat Isu PHK Karyawan
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana PT Berca Kawan Sejati (BKS) Surabaya menggunakan strategi komunikasi internal untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan dalam menanggapi permasalahan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang muncul di lingkungan perusahaan. Untuk penelitian ini, kami melakukan wawancara mendalam dengan para manajer, pimpinan tim, dan karyawan cabang PT BKS Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan tiga jenis komunikasi internal utama: ke bawah (dari atasan kepada bawahan), ke atas (dari atasan kepada bawahan), dan paralel (dari bawahan kepada bawahan). Salah satu strategi komunikasi tersebut adalah dengan menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal, baik formal maupun informal, serta menyampaikan motivasi kerja melalui pengarahan, rapat internal, dan interaksi sosial di luar jam kerja. Namun, PT BKS telah menunjukkan strategi komunikasi internal yang mampu meredam kekhawatiran yang ditimbulkan oleh permasalahan PHK dan mengobarkan kembali keinginan karyawan untuk bekerja.
Kata Kunci: Komunikasi Internal, Motivasi Kerja, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Manajemen SDM, Strategi Komunikasi
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with Intelektual: Jurnal Administrasi Publik dan Ilmu Komunikasi agree to the following terms:
- The author retains copyright licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 (CC BY-NC 4.0), which allows others to remix, adapt, and expand on the author's work non-commercially, and even if someone else's new work must also acknowledge the author and is non-commercial, they do not need to license their derivative works on the same terms.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchange, as well as earlier and greater citation of the published work ( See Impact of Open Access). Authors can archive preprints and postprints or publisher/PDF versions.
Referensi
Adolph, R. (2023). 済無No Title No Title No Title. 1–23.
Wibowo, A., Syahputra, S., & Susanto, R. D. (2021). Strategi Komunikasi Korporat Dalam Upaya Peningkatan Komunikasi Internal Dan Citra Perusahaan. LUGAS Jurnal Komunikasi, 5(2), 125–132. https://doi.org/10.31334/lugas.v5i2.1871
Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(2), 1–6.