Strategi Komunikasi Internal PT Berca Kawan Sejati Surabaya Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Kerja Akibat Isu PHK Karyawan

Isi Artikel Utama

Naufal Noor Hanif
Rini Ganefwati
Delmarrich Bilga Ayu Permatasari

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana PT Berca Kawan Sejati (BKS) Surabaya menggunakan strategi komunikasi internal untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan dalam menanggapi permasalahan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang muncul di lingkungan perusahaan. Untuk penelitian ini, kami melakukan wawancara mendalam dengan para manajer, pimpinan tim, dan karyawan cabang PT BKS Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan tiga jenis komunikasi internal utama: ke bawah (dari atasan kepada bawahan), ke atas (dari atasan kepada bawahan), dan paralel (dari bawahan kepada bawahan). Salah satu strategi komunikasi tersebut adalah dengan menggunakan komunikasi verbal dan nonverbal, baik formal maupun informal, serta menyampaikan motivasi kerja melalui pengarahan, rapat internal, dan interaksi sosial di luar jam kerja. Namun, PT BKS telah menunjukkan strategi komunikasi internal yang mampu meredam kekhawatiran yang ditimbulkan oleh permasalahan PHK dan mengobarkan kembali keinginan karyawan untuk bekerja.


Kata Kunci: Komunikasi Internal, Motivasi Kerja, Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Manajemen SDM, Strategi Komunikasi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hanif, N. N., Rini Ganefwati, & Delmarrich Bilga Ayu Permatasari. (2025). Strategi Komunikasi Internal PT Berca Kawan Sejati Surabaya Dalam Upaya Peningkatan Motivasi Kerja Akibat Isu PHK Karyawan. INTELEKTUAL ( E-Journal Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi ), 12(1), 122–128. https://doi.org/10.55499/intelektual.v12i01.1560
Bagian
Articles

Referensi

Adolph, R. (2023). 済無No Title No Title No Title. 1–23.

Wibowo, A., Syahputra, S., & Susanto, R. D. (2021). Strategi Komunikasi Korporat Dalam Upaya Peningkatan Komunikasi Internal Dan Citra Perusahaan. LUGAS Jurnal Komunikasi, 5(2), 125–132. https://doi.org/10.31334/lugas.v5i2.1871

Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial dalam Komunikasi. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(2), 1–6.