Peningkatan Soft Skill Bagi Siswa SMK Krian 1 Sidoarjo Melalui Pelatihan Robot Line Follower

Main Article Content

Richa Watiasih
Ahmadi Ahmadi
Mifad Ikromullah
Farizal Dwi Saputra
Didik Priantono

Abstract

Persaingan kualitas Sumber Daya Manusia di industri saat ini sangat mempengaruhi lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya SMK Krian 1 Sidoarjo. Untuk meningkatkan daya saing lulusan, maka pengelolah SMK Krian 1 Sidoarjo perlu melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi untuk memfasilitasi siswa melalui pembelajaran mandiri diluar kurikulum berupa pelatihan soft skill. Berdasarkan permasalahan yang ada, maka melalui Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Mandiri Universitas Bhayangkara Surabaya tahun 2024  Tim Pengabdian Fakultas Teknik telah melaksanakan kegiatan “Pelatihan Soft skill Bagi Siswa SMK” berupa kegiatan “Pelatihan Robotika”. Dalam pelatihan Robotika ini peserta mendapatkan ilmu tentang jenis-jenis robot dan pemahanan secara teori dan praktek merakit robot beroda khususnya robot line follower menggunakan sensor infrared 5 channel, driver motor, motor DC penggerak roda, mikrokontroller Arduino Uno, dan baterai lithium-ion. Dari Pelatihan Robotika ini telah dihasilkan 3 buah robot line follower dan berhasil diujicoba pada lapangan berupa gambar bergaris warna hitam yang terdapat posisi start dan finish. Berdasarkan kuesioner yang diisi oleh seluruh peserta pelatihan Robotika ini diketahui bahwa rata-rata peserta sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini. Peserta pelatihan mendapatkan skill baru yang belum didapatkan dari sekolah.

Article Details

How to Cite
Watiasih, R., Ahmadi, A., Ikromullah, M., Saputra, F. D., & Priantono, D. (2025). Peningkatan Soft Skill Bagi Siswa SMK Krian 1 Sidoarjo Melalui Pelatihan Robot Line Follower. Semar: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13–21. https://doi.org/10.54732/semarjpkm.v1i1.1225
Section
Articles

References

P. W. Nugroho and M. A. Maulana, “Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh,” Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling, vol. 3, no. 1, pp. 10–16, 2021, doi: 10.32585/advice.v3i1.1429.

F. Heltha, A. Rahman, and A. Mufti, “Pelatihan Robot Line Follower Sebagai Upaya Memperkenalkan Teknologi Robotika kepada Siswa Madrasah 1 Pidie dan SMA Al-Misbah Banda Aceh,” Jurnal Pengabdian Rekayasa dan Wirausaha (JPRW), vol. 1, no. 2, pp. 1–5, 2024.

R. A. Rochmanto et al., “Pelatihan Perakitan Robot Line Follower Digital Untuk Siswa Sekolah Alam Nurul Furqon Rembang,” Community Development Journal, vol. 4, no. 2, pp. 3366–3373, 2023.

S. Ch, B. Darmawan, C. M. O. Muvianto, S. Ariessaputra, and P. Paniran, “Pelatihan Robot Line Follower Di Sdit Saad Bin Abi Waqqash Banyumulek Lombok Barat,” Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 6, pp. 215–220, 2024.

T. Tianur, J. Jaenudin, and P. Madona, “Pelatihan Dan Pembimbingan Robot Line Follower Bagi Santri Pesantren Darussalam,” JITER-PM: Jurnal Inovasi Terapan Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 4, pp. 27–34, 2024, doi: https://doi.org/10.35143/jiter-pm.v2i4.6463.

Z. Zulfitria, A. Suryadi, E. Rudiatin, M. Muflikhun, and Z. Arif, “Pelatihan Robotik Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Siswa di Desa Bojong Kulur Bogor,” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, vol. 1, no. 1, pp. 1–5, Oct. 2023, Accessed: Feb. 26, 2025. [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/22343.

E. U. P. Simanihuruk, M. Merry, and R. Tambun, “Rancang Bangun Robot Line Follower With Arm Menggunakan Micorcontroller Arduino Uno R3,” Jurnal Bisantara Informatika (JBI), vol. 7, no. 2, 2023.

W. E. Sari, A. Triyono, Irwansyah, K. B. Utomo, and A. R. Hakim, “Robot Line Follower sebagai Alat Permainan Edukatif bagi Anak Usia Dini,” ETAM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 4, no. 3, pp. 126–133, 2024, doi: https://doi.org/10.46964/etam.v4i3.1039.

I. Riyanto, L. Margatama, and R. R. E. Marantika, “Robot Forklift Line Follower dengan Kendali PID dan Sensor Warna,” JOULE : Jurnal ilmiah Teknologi Energi, Teknologi Media Komunikasi dan Instrumentasi Kendali, vol. 1, no. 1, pp. 8–16, 2021.

W. H. M. Saad, M. N. Habib, Z. M. Noh, Z. Manap, and M. S. J. A. Razak, “Closed-Loop Systems of Line Follower Robot Using Camera Vision,” International Journal of Human and Technology Interaction (IJHaTI), vol. 6, no. 1, 2022.

S. Ch, S. Ariessaputra, B. Darmawan, P. Paniran, and C. M. O. Muvianto, “Analisis Perubahan Kecepatan dan Waktu Tempuh Sistem Robot Line Follower pada Lintasan yang Berbeda,” JEITECH (Journal of Electrical Engineering and Information Technology), vol. 1, no. 2, pp. 54–60, 2023.

A. S. Priambodo, A. Nasuha, and O. A. Dhewa, “Implementasi Integrasi dari Computer vision dan Kendali PID untuk Kendali Kecepatan Dinamis pada Robot Line follower Integrated Implementation of Computer vision and PID Control for Dynamic Speed Control of Line follower Robot,” TELEKONTRAN: Jurnal Ilmiah Telekomunikasi, Kendali dan Elektronika Terapan, vol. 12, no. 1, 2024, doi: 10.34010/telekontran.v12i1.13323.

D. A. Dzulfikar, K. Wijayanto, and Adnan Rafi Al Tahtawi, “Perancangan Kendali Fuzzy Tipe 2 pada Model Robot Line Follower,” SEMNASTERA (Seminar Nasional Teknologi dan Riset Terapan), pp. 92–96, 2021.

T. P. Romdhon, I. Rosyadi, P. W. A. Sucipto, and A. Hasad, “Alat Penala Kendali Proporsional Pada Robot Line Follower Berbasis Website,” Journal of Students‘ Research in Computer Science, vol. 2, no. 2, pp. 153–164, 2021, doi: 10.31599/jsrcs.v2i2.853.